Pengennya sih liburan ke puncak

betasmind_apa aja_pengennya sih liburan ke puncak

April udah mau habis aja. Buat adik-adik yang baru aja selesai mengikuti UN mesti siap-siap memasuki fase “pengangguran”. Fase dimana setiap hari mesti dilalui dengan penuh perjuangan. Waktu berasa lebih lama, kantong berasa lebih kosong dari biasanya. Ujung-ujungnya, tabungan mesti dibobol buat mengusir kebosanan.

Daripada fokus menganggur tanpa arah dan akhirnya tabungan habis tanpa disadari, kenapa gak liburan aja. Biar bisa refreshing otak sedikit sehabis kemaren gaspol buat mikir jawaban soal UN. Biar otaknya gak aus minta ganti, gak ada tuh bengkel di luar sana yang jualan.

Jadi mesti liburan kemana?

Di Indonesia banyak kok tempat liburan yang asyik. Tapi kalau buat refreshing, lebih recomended buat liburan ke tempat yang sejuk, asri sama hijau. Yup, tempat-tempat liburan yang berbasis lingkungan kayaknya jadi ide yang lebih menarik. Salah satu tempat liburan yang paling favorit tentunya adalah puncak, bogor.

Eh, tapi kan biasanya macet parah?

Tenang, kita gak perlu berhadapan dengan kemacetan parah dan hal-hal gak perlu lainnya selama kita sudah mempersiapkan semuanya. Kalau liburan kan memang perlu persiapan, biar liburannya gak terganggu. Kalau gak siap, ya siap-siap aja liburannya jadi terganggu.

Jadi, ini nih yang perlu dipersiapkan sebelum liburan ke puncaknya.

Jaga kesehatan

kesehatan

 

Hal yang paling pertama dan juga tentunya paling utama adalah jaga kesehatan. Gak mau kan nantinya tiba-tiba sakit saat mendekati hari H, yang lebih parahnya sakit saat berada di tempat liburan. Bukannya liburan, malah menginap beberapa hari di rumah sakit.

Persiapkan budget yang cukup

tabungan

 

Hal yang pertama yang jelas harus dipersiapkan dengan matang adalah masalah keuangan. Susun sebaik mungkin rencana liburan baik itu berapa lama waktunya dan juga tempat apa saja di puncak yang nantinya akan dikunjungi. Biar nanti gak terlalu banyak pengeluaran dadakan yang akan membuat dompet tambah cekak.

Pilih waktu yang tepat, hindari akhir pekan

lampu lalu lintas

Berhubung udah mau masuk masa libur sekolah, kemacetan mungkin gak bisa dihindari kalau bepergian ke puncak. Tapi, setidaknya kita bisa menghindari terjebak dalam kemacetan yang lebih parah. Lebih utamakan melakukan perjalanan pada hari biasa, karena tentunya saat ini kondisinya juga sedang menganggur.

Cari tahu informasi tempat menginap terlebih dahulu

penginapan

Ke puncak gak menginap itu gak mungkin, apalagi kalau kita dari luar kota. Setidaknya sebelum berangkat kita sudah mengetahui atau bahkan membooking penginapan terlebih dahulu. Takut harganya kemahalan berhubung masih berkantong anak sekolah? Tenang, di sekitaran puncak banyak juga kok penginapan dan wisma yang harganya jauh lebih murah dibanding villa atau hotel. Tinggal cek aja melalui traveloka dengan tujuan puncak, banyak tuh infonya.

Nah, gimana? Daripada menganggur di rumah, mending liburan kan. Biar otaknya fresh lagi, sekalian siap-siap bertempur masuk kuliah.

2 Comments

Tinggalkan Balasan