Ternyata ini penyebab diabetes

betasmind_apa aja_ternyata ini penyebab diabetes

Sekitar november lalu keluarga beta dikejutkan dengan kabar istri kakak yang masuk rumah sakit. Jarang-jarang loh ada keluarga beta yang sampai masuk rumah sakit, kecuali beta. Mungkin keluarga beta termasuk keluarga “super”, yah bisa jadi.

Kembali ke topik.

Berhubung jarang ada keluarga yang sampai rumah sakit, apalagi istri kakak, yah beta langsung berangkat menjenguk. Hitung-hitung sekalian silaturahmi udah lama gak ketemu sama kakak. Sebenarnya sih, rada-rada parno juga kalo mesti berkunjung ke rumah sakit. Jadi teringat sama kenangan masa lalu yang sering menginap buat opname. Haduh, dasar tukang sakit.

Sesampainya di ruangan yang ingin dituju, beberapa keluarga lain sudah tampak berada di dalam ruangan. Gak lama masuk ruangan, kakak beta datang entah sehabis dari mana.

“Kakak sakit apa?” Oke di sini beta beneran pasang muka lugu.

“Diabetes” Sumpah, jawabnya pendek banget.

“Hah, diabetes!”

Beta melihat ke arah istri kakak yang terbaring di atas kasur dengan kaki yang terbungkus rapi sama perban. Kedua ponakan beta duduk menemani di samping. Oke, beta parno lagi.

Diabetes, bukannya penyakit yang berhubungan sama gula, kan ya. Haduh, apa jangan-jangan kebiasaan beta yang sering beli minuman yang manis-manis entar bisa jadi salah satu penyebab diabetes, yah. Apa jangan-jangan nanti… *mulai berkhayal liar.

Oke daripada bingung seperti apa penyebab diabetes, mending baca sedikit informasi yang beta temuin dari berbagai sumber ini.

penyebab diabetes

Gaya hidup

Gaya hidup, apalagi yang berhubungan dengan pola makan jadi salah satu penyebab diabetes nih. Suka makan makanan yang banyak gula apa lagi pake pemanis buatan bisa bikin bahaya loh. Makanya hati-hati sama makanan dan jaga pola makannya baik-baik.

Obesitas

Masih berhubungan sama pola makan kayaknya nih. Pola makan gak teratur, gak sehat ujung-ujunganya jadi bikin obesitas atau bahasa kasarnya kegemukan. Obesitas emang jadi penyebab macam-macam penyakit. Salah satunya penyakit diabetes. Makanya, biasakan mengimbangi pola makan kurang sehart dengan olahraga teratur, biar metabolisme di tubuh ikutan teratur. Eh, beta gak gemuk loh, cuma kelebihan beberapa kilo.

Kebanyakan minum minuman bersoda

Suka minuman bersoda? Iya, beta suka juga loh. Hati-hati, jangan terlalu banyak minumnya. Apalagi sampai perut begah. Minuman bersoda rata-rata memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Makanya kalo mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih, juga bikin bahaya sama tubuh kita.

Minuman manis

Hem, kalo ini sih udah jelas. Suka minuman yang manis-manis apalagi yang pemanis buatan? Buruan dikurangi deh ya. Biar jauh jauh tuh diabetesnya.

Keturunan

Nah, ini dia nih. Diabetes ternyata penyakit turunan, yang artinya setiap keturunan pengidap diabetes beresiko ikut mengidap penyakit ini. Buruan hidup sehat yah, biar sekalian menjaga kesehatan buah hati dan cucu-cucu kita kelak.

Tuh, biar gak terlalu parno lagi sama yang namanya diabetes, udah tau penyebabnya kan, buruan hindari dari sekarang.

Tinggalkan Balasan