Pantai Bunati – Pesona Pantai Lainnya di Kalsel

pantai bunati - destinasi wisata kalsel

Destinasi wisata kalsel pengurang stres –  Tiap hari kerja, belajar atau malah diam dalam rumah pasti membosankan. Beta juga demikian. Tiap hari mesti stres mikir kerja, stres menamatkan game, juga stres mikir jodoh pada lari kemana (yang terakhir mohon dilupakan).

Dari pada beta kelamaan stres terus nanti guling-guling di atas fly over, mending buru-buru liburan deh. Eh, tapi liburan kemana, yah? Keluar pulau? Ehhm, ujung-ujungnya malah tambah cape di jalan. Jadi kemana?

Sebelum beta kerasukan, teman kerja beta yang satu penderitaan akhirnya ngasi saran tempat yang kayaknya menarik. Lagian Beta juga gak banyak tau tempat liburan di Kalimantan Selatan, beta kemana aja sih? Jadi kita kemana? Tujuan liburan  Beta adalah Pantai Bunati yang berada di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu. Destinasi wisata kalsel yang mungkin belum terlalu dikenal dibanding wisata pantai lainnya.

Setelah nyari-nyari info di beberapa web, akhirnya sedikit banyak dapat gambaran soal Pantai Bunati yang bakal kami tuju. Ya udah, rencana mulai disusun, mental mesti disiapin, berhubung destinasi wisatanya berupa pantai, Beta sama sekali gak bisa berenang. Siapkan mental.

Tepat tanggal 16 agustus, Beta sama yang lain akhirnya siap berangkat. Meski ada banyak masalah sebelum berangkat, hingga akhirnya baru bisa berangkat sekitar jam 4 sore. Perjalanan bakal memakan waktu sekitar 4 – 4,5 jam. Semua peralatan dan perlengkapan udah di bawa semua. Mulai dari tenda, alat penerangan, alat makan makan sama makanannya (kita gak mungkin makan alatnya) sama doa sama pasangan masing-masing kecuali Beta, ngenes. Beta berangkat pake motor boncengan. Jadi kalau di jalan mungkin bakal terlihat macam orang-orang labil yang lagi turing entah kemana. Tapi, walaupun berangkatnya rombongan pake motor kayak gini, semua kelengkapan keamanan sama suratnya lengkap loh. Biar taat sama peraturan lalu-lintas.

Perjalanan bakal melalui rute Banjarmasin-Liang anggang-Pelaihari-Kintap-Satui-Angsana. Pemandangan kiri-kanan bakal berubah-ubah dari rumah, ruko, sawah, lahan kosong, kebun sawit dan wajah jodoh yang lagi ngumpet entah di mana, hedeh. Bawa motornya gantian, biar pas sampai di pantai gak tepar kecapean. Paling kasian sih yang bonceng beta, motornya bakal merasakan siksaan bernama berat berlebih.

Akhirnya, kami sampai di tujuan sekitar jam 8 malam. Gak gelap-gelap amat ternyata. Gak jauh dari pantai masih ada pemukiman warga kok. Jadi kalau tiba-tiba beta mau pingsan karena kelaparan, pertolongan masih dekat, masih aman *elus dada.

Akses menuju pantai juga gak terlalu sulit. Meski jalan masih sedikit berbatu, tapi tidak ada halangan berarti buat menuju pantai. Jadi buat teman-teman yang mau kesana gak usah terlalu mikirin soal medannya, ringan aja.

pantai bunati

foto oleh @nurhafidz_

Oke, udah malam, tidur…

Bangun pagi-pagi biar bisa buru-buru negosiasi transportasi buat snorkeling sama nelayan setempat. Eh, ternyata semua pada gak punya kacamata buat snorkeling. Tenang, pemilik perahu ternyata udah menyediakan kok. Setelah negosiasi agak lama, akhirnya sepakat biaya sewa perahu sama sewa alat snorkelingnya 400 ribu ditambah bantuin dorong perahu yang kandas di pantai, hhi.

pantai bunati

Foto oleh @nurhafidz_

Sambil nunggu pak nelayan nyiapin perahu sama peralatan snorkeling, menikmati sedikit pemandangan pantai kayaknya menarik juga. Hamparan laut yang lumayan membiru di tambah hamparan pasir yang bersih sukses mengusir stres yang udah menginap berbulan-bulan di pikiran beta.

Okeh, waktunya snorkeling brother. Meski sebenarnya Beta gak jadi ikutan snorkeling berhubung gak bisa berenang dan takut tenggelam, Ya udah nunggu video rekaman dari yang lain aja. Gak nyangka, kumpulan terumbu karangnya lumayan indah juga ternyata. Meski gak terlalu luas, tapi masih indah kok. Kalau seandainya di sini dibudidayakan penanaman terumbu karang sama vegetasi laut lainnya, mungkin bakal tambah keren lagi. Biar gak kalah sama pantai-pantai di pulau papua sana.

pantai bunati

Foto oleh @nurhafidz_

pantai bunati

Foto oleh @nurhafidz_

pantai bunati

Foto oleh @nurhafidz_

Penasaran kan sama keindahan Pantai Bunati tanah bumbu. Buat yang berada di Kalimantan Selatan, tinggal ikutin rute yang kami pakai. Terus buat yang diluar daerah gimana? Tenang, Garuda Indonesia melalui program Wonderful of Indonesia memberikan pelayanan terbaik. Tinggal naik pesawat Garuda Indonesia dengan tujuan Banjarmasin. Di bandara, kalian bisa  mencarter mobil dengan tujuan ke Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu sekitar 4 jam sekitar 800 ribuan. Walaupun agak jauh, tapi semua bakal terbayar sama keindahannya kok.

Tuh, gimana lagi coba, mau coba tempat wisata lain juga banyak kok. Tapi Pantai Bunati jangan sampai ketinggalan. Jangan takut untuk berwisata ke Kalimantan Selatan. Kami menunggu dengan senyuman.

lomba blog wisata kalsel

2 Comments

Tinggalkan Balasan