Nasib tragis kelomang

betasmind_betarticle_nasib tragis kelomang

Ada yang gak tau apa itu kelomang? Beta lupa kalau orang Banjar bilangnya apa, bentuknya yang mirip kepiting tapi bawa rumah kayak siput *yang tau namanya dalam Bahasa Banjar tolong kasi tau beta.

Kelomang biasanya mudah ditemukan di pinggiran pantai. Tinggal kalian korek-korek (beta gak nemu bahasa yang lebih halus) pasir yang paling dekat dengan laut. Klo beruntung, kalian bakal nemuin kelomang yang bersembuyi di balik pasir dengan mimik ketakutan karena bakalan jadi mainan.”Hidup sangat berat” kata tuh kelomang dalam hati.

Yang pernah kecil (yang gak pernah kecil atau tua sejak lahir tolong angkat tangan) pasti pernah mainin (walaupun bukan mainan) nih hewan. Biasanya si pemilik rumah (kelomang, red) suka sembunyi di balik rumahnya. Gimana cara buat bikin kelomangnya keluar dari rumah? Ada satu cara, yaitu hembusin napas dari mulut kalian dengan penuh semangat ke arah kelomang. Dijamin tuh kelomang bakal keluar dari rumahnya (entah karena wanginya nafas kita atau mau pingsan tak tahan dengan aromanya).

Kalau kalian kesusahan nangkap kelomang (apalagi saat ini kayaknya makin susah ditemuin) dan malas membuang waktu ke pantai, kalian bisa dengan mudah beli sama penjual kelomang (panggil paman kelomang) yang biasanya mangkal di dekat TK ato SD. Kalau dulu sih harganya sekitar 500-1.000 perak (tahun 1997 atau 1998-an mungkin, jadi jangan samain dengan harga yang sekarang). Hebatnya, kelomang yang dijual sama paman kelomang ini sekarang jauh lebih modis. Kalau dulu tampilannya kusam, ala kadarnya dan gak modis, sekarang jadi kelihatan lebih unyu-unyu. Gimana gak unyu-unyu, rumahnya kelomang sekarang dicat warna-warni, bahkan ada yang pakek digambarin spiderman, angry bird dan tokoh-tokoh kartun lainnya. Beta curiga, neh paman kelomang pasti belum ngurus ijin pemakaian hak cipta sama pencipta tokoh bersangkutan, bahaya man (paman kelomang, red) entar diaduin pelanggaran hak cipta (ingat kasus ap**e #beta gak berani nyebut merek, haha).

Minggu kemarin cucu beta *cucu? What?? (entar beta kasih tau masalah asal-usul cucu ini di postingan selanjutnya, haha). Kembali ke pokok bahasan, minggu kemaren, cucu beta beli kelomang *kalau gak salah di pasar pagi pal 7. Harganya hampir sepuluh ribu perak, udah dapat satu pasang kelomang (entah beneran satu pasang atau satu jenis) dan juga satu rumah-rumahan kelomang. Kelomangnya udah dihiasi sama gambarnya angry bird dan mickey mouse. Rumah-rumahannya perpaduan motif angry bird, upin-ipin dan shaun the sheep (entah sejak kapan mereka berkoalisi). Hadiah bonus dari pembelian ini adalah sepotong (kecil) tebu yang dijadikan makanannya kelomang. Sebenarnya beta heran, sejak kapan kelomang suka tebu, bukannya dipantai gak ada tebu, yang ada bakau. Mungkinkah kelomang memiliki penglihatan yang buruk, sehingga tak bisa membedakan tebu dan bakau, entahlah, entar beta nyari tau sendiri.

Sekian postingan beta hari ini, semoga di hari-hari berikutnya semakin banyak menemui hal-hal ganjil yang bisa beta bagikan kepada para pembaca (kalau ada yang baca, soalnya komennya pada kosong melompong).

4 Comments

  1. gw nemu klomang depan kantor entah klomang sapa yg lepas yg pasti hampir keinjak ma kaki bos gw,.nah gw bingung tuh ni klomang gw lepasin kira2 bisa brtahan hidup gk ya??klo gw pelihara,cara meliharanya gmn??nahhh loooh gw gk tega lihatnya,.,beta tau kah cara merawatnya??sekarang klomangnya lg tidur ditempat pensil gw ( belum punya rumah ).

    • whaha, waktu kecil dlu sih diberi potongan tebu di tempatnya, trus sdiain sdikit aer (berhubung makhluk air kan?), gitu aja, gak tw brtahan lama ato kagak, kbiasaan tiba2 kabur tuh kelomang, haha

  2. Saya ada banyak stok kelomang unggu dan strawbery dan semua jenis kelomang lain nya,berbagai ukuran dari ukuran s sampai xxl bos.bos mau ngambil?
    Hubungi riko 085217161811 bekasi

Tinggalkan Balasan