Naik bis di tengah malam, gak lagi dah

betasmind_otewe_naik bis tengah malam

Uwow…. perjalanan gila, gue mesti berangkat ke Muara Teweh pas tengah malam. Padahal gue baru 5 hari di Tamiang Layang.  Adegan ini dimulai dengan dering hape gue yang sukses bikin mimpi gue berantakan. Gue baru aja tidur, lagi enak-enakan mimpi indah makan lontong sepuasnya, hahahaha. Dengan muka seadaanya (muka pas-pasan udah mainstream) gue nangkat tuh telpon.

“Halo,” kata gue dengan nada berat persis orang yang gak tidur tiga hari.

“Halo, Yan (ne beneran nama asli gue), bos mau ngomong,” kata temen gue jauh di ujung wilayah kalsel sana.

Mantap, bos yang mau ngomong, berarti ada tugas tambahan buat gue. “Halo, Yan. Besok pagi kamu mesti ke Teweh, mesin di sana lagi rusak. Tolong benerin dulu sampai selesai. Klo udah selesai baru kamu ke buntok,” kata bos gue tanpa banyak ba-bi-bu.

Gue gak banyak komentar, cuma bisa “Ya…. ya…. ya….” sambil ngangguk kayak orang kesurupan. Ini tugas dari  bos langsung, gue gak mungkin nolak, mampus dah, pertanda petualangan gue di Kalteng bakal lebih lama dari rencana sebelumnya. Padahal sebelumnya bos udah bilang gue gak perlu ke Muara Teweh. Aduh mesin, lo gak bisa diajak kompromi, nambah-nambahin tugas gue aja. Ckckckckc.

Gue langsung nanyain jadwal keberangkatan bis sama temen gue yang kerja di cabang sini. Parah, gue gak dapat jawaban yang memuaskan, malah kabar buruk yang menghampiri telinga gue. Bis tujuan Teweh cuma ada jam segini (jam 11.00WIB) itupun mesti nunggu bis yang lewat di depan jalan. Hadooohhh…… jadi gue mesti beres-beres sekarang, soalnya gak ada bis tujuan Teweh pagi hari. Bener-bener dah.

Selesai beres-beres gue sama yang lain langsung berdiri di pinggir jalan. Nunggu bis tujuan Teweh yang bakalan lewat, persis kayak kawanan perampok yang menghadang mangsa. Gue mesti berentiin bis yang lewat, klo perlu gue bakal guling-guling di jalan biar bisnya gak bisa lewat, akakakakakak.

Perjalanan menegangkan pun dimulai. Jujur, gue gak pernah naik bis buat perjalanan jauh ke luar kota. Ini bener-bener pengalaman pertama gue. Berhubung biasanya gue lebih senang naik motor klo mau kesana-sini gak peduli jarak. Gue kebayang berita-berita di koran ato di tipi yang judulnya kayak “Satu bis jatuh ke jurang, seluruh penunpang tewas seketika” atau “Bis menabrak truk tangki, dan terjadi ledakan”. Gila, pikiran gue jadi menggila. Apalagi, gue mesti naik bis di TENGAH MALAM. Horor bener, seingat gue rute yang bakalan dilalui berupa bukit sama hutan di sisi kiri dan kanan jalan. Situasi HOROR ini sukses bikin gue terjaga sampai pagi, padahal sebelumnya gue bener-bener ngantuk, tapi pas di dalam bis, mata gue bener-bener segar.

Tuh, apa gue bilang. Rute yang dilalui beneran masih berwujud hutan. Waduh…… mudahan jangan ngeliat yang nggak-nggak, mudahan jangan-jangan. Perasaan horor saat ini udah cukup bikin gue gak bisa tidur. Cuma satu-dua mobil yang gue temuin sepanjang jalan. Dan saat ini cuma gue sama si supir yang gak tidur. Penumpang lain udah pada pasang muka damai berhubung lagi mimpi indah.

Heuh…heuh….

Akhirnya, gue nemuin satu kejadian yang nambah “ketakutan” gue sama perjalanan ini. Sebuah truk yang ngangkut material besi amblas di sisi kiri jalan. Uwow, gue jadi keringatan ngeliatnya. Gue jadi takut nih bis bakalan bernasib serupa, Naudzubillah. Jalan udah gelap gak ada penerangan, trus langit kayaknya lagi mendung pula. Ggggggggg (bayangin klo nih ekspresi gue lagi gemetaran).

Gak lama kemudian kejadian horor kedua gue temuin. Truk yang sebenarnya berada di di depan gue (posisi saat itu ada 3 mobil, bis yang gue naikin paling belakang) keperosok ke sisi jalan yang dipenuhi pohon-pohon. Bis langsung berhenti. Gue liat kenek (maksud gue yang nemenin super) jalan terpincang-pincang. Wadaw……. tuh pohon sampe ambruk, trus ban belakang truk sampe keangkat ke atas.

Gue gak nyangka perjalanan gue bakal sehoror ini. Sumpah, gue kayaknya gue bakalan trauma naik bis malam-malam lagi. Takut nemuin hal-hal horor macam gitu lagi. Ampun dah bos…..

Hhhmmmm…… gue nyampe di Muara Teweh sekitar pukul 4 WIB, pas orang pada selesai shalat subuh. Temen yang tugas di cabang Muara Teweh akhirnya datang jemput. Ini pengalaman pertama gue menjelajah sampai wilayah sini. Moga-moga dapat pengalaman baru. Hehehe. Tapi mudahan gak ngalamin perjalanan kayak kemaren-kemaren lagi. Trauma dah gue…..

One Comment

  1. woi yan (nama asli ente kan,, haha)
    Lain kali ente ga perlu takut klo mesti naik bis malem2 lagi, tinggal suruh sopir bisnya buat pasang kecepatan maksimal 20km/jam dan sediain kopi secukupnya buat pak sopir,, insya Allah selamat sampai tujuan,, hahaha

Tinggalkan Balasan