Jangan bingung mikir cara promosi online mudah

betasmind_tips_jangan bingung cara promosi online mudah

Ehm, sekarang bikin usaha gak susah-susah amat kayak dulu. Duluuuu, itu tuh, pas jaman beta masih ingusan, main kelereng sama gak bisa bedain mana robot mana boneka barbie. Haduh, buka aib lagi.

Iya, sekarang buka usaha gak perlu ribet. Gak perlu mikir dimana tempatnya, gak perlu mikir gimana nyari supliernya dan gak terlalu banyak mikir gimana promosinya. Sudah, semua sudah terlalu mudah pada saat ini. Gak kayak waktu beta mau memulai usaha clothing dulu.

Cerita dikit ya..

Dulu, gak dulu-dulu amat, pas setahun lulus SMA, beta kepikiran buat bikin usaha clothing kayak beberapa teman beta. Tapi, rencana sempat tertunda karena beta mesti kerja dan di tempatin di luar kota. Ya sudah, rencana bisnis pending, kuliah ikutan pending. Hampir 2 tahun setelahnya baru beta balik lagi ke Banjarmasin. Oke, rencana bisnis mulai jalan, kuliah akhirnya jalan juga.

Hal pertama yang beta bingungkan saat memulai rencana adalah tempat. Nyari tempat bagus dan murah kan rada-rada susah, ya. Nyari tempat kesana-kemari, akhirnya ketemu, deal buka tempat. Untuk masalah suplier beta sedikit banyak terbantu sama teman-teman sewaktu SMA yang juga bergelut di bidang usaha clothing. Masalah berikutnya, promosinya gimana, ya? Distro-distro clothing besar udah bejibun, promosi gak mungkin setengah-setengah.

Dimulai dengan nyoba bagi-bagi kaos gratis sama teman dan kenalan, telpon-telpon  klien sewaktu kerja dulu, sampai minta bantuan sama keluarga jadi solusi. Pelan, yap benar-benar pelan usaha beta mulai bergerak. Gak puas sih, udah ngeluarin banyak usaha tapi timbal baliknya masih terlalu kecil. Oke, cari metode promosi lain.

Berhubung udah jamannya digital, akhirnya promosi online jadi pilihan yang paling pas. Tapi sempat kebingungannya juga sih, gimana sih cara promosi online mudah. Diawal-awal fokus promosi online melalui media sosial. Ribetnya, mesti mencari pengikut yang banyak biar promosinya sampai. Beli pengikut seperti yang banyak berseliweran, males, gak niat promosi sama akun yang orangnya gak ada. Hingga akhirnya ketemu sama jasa promosi online. Jadi lebih efektif sih promosi usahanya.

Demi menyesuaikan perkembangan, beta melalukan modifikasi terhadap usaha clothing yang dijalankan. Gak lagi semacam “clothing factory” tapi berubah menjadi “clothing design factory”, beta memilih hanya menjual kreasi desain kaos. Lebih mudah dalam menjalankan usahanya (lebih sesuai hobi sih) dan juga lebih mudah promosinya.

cara promosi online mudah

Jadi, kesimpulan dari cerita beta di atas, ada sedikit tips soal cara promosi online mudah nih:

Manfaatkan media sosial

Semua orang sudah pasti punya akun sosial media, terserah mau apa aja. Follow akun-akun teman, temannya teman, atau keluarganya teman biar lingkar pertemanan sosial medianya tambah luas, siapa tau entar di follback, hihi. Tapi ingat, jangan nyepam. Jangan melulu promo, ingat fungsi awalnya media sosial. Kalo mau nyepam promo, mending bikin akun tersendiri.

Sesekali promo di forum juga boleh

Forum juga salah satu tempat yang wah buat promo, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, wkwkw. Maksudnya kita gak diperbolehkan promo sih, tapi bisa disiasati dengan membuat artikel menarik yang diarahkan ke promo kita. Promosi terang-terangan aja gak boleh, apalagi nyepam, wkwkw.

Pakai jasa promosi online

Ini nih cara yang paling efektif dan mudah. Tinggal cari aja jasa periklanan online. Mereka memang sudah punya keahlian di bidang promo dan periklanan. Promosi kita jadi lebih terarah dan tertarget. Pelanggan nambah.

3 Comments

Tinggalkan Balasan