Hayo Semangat

Yohoho… yooohohohoooo….. (ingat nyanyiannya Brook di Anime Onepiece), beta kembali bisa melototin lepi kesayangan beta. Sudah lebih dari tiga hari gak bisa nyentu lepi buat nulis berhubung banyak kerjaan yang numpuk di kantor. Jika pekerjaan tetap seperti yang kemaren, apa lagi sampai seminggu lebih, dapat dipastikan beta akan berakhir dengan menyedihkan, tergeletak dengan muka polos di tempat tidur.

Sebanyak apapun pekerjaan atau kegiatan lainnya yang menghampiri beta (dan juga pembaca yang ikhlas baca blog beta yang menyedihkan), jangan pernah menyerah. Karenaaaa…, setiap hal yang kita alami, kita dapati, dan kita kerjakan setiap harinya adalah lembaran cerita hidup kita sendiri. Manusia pada dasarnya mudah bosan dengan rutinitas, jadi hal-hal yang kita alami tiap hari adalah bumbu pelengkap hidup yang membuat hidup lebih hidup.

Jika dipikirkan secara simpel, rutinitas kita tiap harinya sama, yang bekerja, bangun pagi, kerja, pulang terus tidur. Yang masih sekolah, bangun pagi-pagi, kesekolah, dapat tugas, pulang, main, terus ketiduran. Yang berkeluarga, dibangunin isteri, ngantar anak ke sekolah, berangkat kerja bareng, pulang, ngumpul sama keluarga tercinta, tidur. Umumnya mungkin seperti itu yang kita hadapi setiap harinya. Kita mungkin akan cepat bosan hidup (entah apa ada yang beneran bosan hidup) jika hanya menjalani rutinitas seperti itu.

Nah, kejadian harian yang terkadang kita alami bisa kita jadikan sebagai goresan baru dalam lukisan kehidupan kita. Hal-hal yang kita alami tiap hari akan berbeda-beda, dan disitulah indahnya hidup. Bagi yang bekerja, bangun pagi, ke kantor, kena marah bos, kerjaan numpuk, pulang kecapean, ketiduran, trus bangun kesiangan. Mungkin seperti itu sedikit gambaran hal-hal yang mungkin kita alami sebagai pelengkap coretan tinta cerita hidup kita. Intinya, setiap hal yang kita alami, baik itu menyenangkan, bikin galau, nangis ataupun bikin bingung dan penasaran adalah sebuah penyemarak kehidupan kita.

Teruuuussss….. apa yang kita lakukan saat mengalami hal-hal pelengkap hidup kita tersebut??? Klo yang nyenengin sih no problem, gak ada yang protes, malah pengennya ngalamin lagi. Contoh, dapat bonus dari kantor buat yang kerja, dapat nilai tertinggi bagi yang masih sekolah dan dapat kado spesial dari isteri tercinta bagi yang sudah berkeluarga. Gak ada yang protes klo yang dialami hal nyenengin macam gitu. Klo ada tolong angkat tangan, beta mau coba introgasi, haha.

Nah… masalahnya, klo seandainya yang kita alami adalah hal yang bikin sebel, bikin galau, bikin nangis bombai, bikin guling-guling di tengah jalan, atau yang ekstrim, jadi niat lompat dari atas jembatan, bagaimana kita menghadapinya………. jawabannya ADALAH….. tetap semangat, keep fight bro…!! “pegimane mau semangat klo ngalamin hal yang bikin galau?” mungkin pertanyaan itu yang pertama kali muncul dari jawaban penuh kotroversi beta. Ya, beta sendiri juga kadang mikir gitu, haha.

Alasan beta simpel, kenapa kita harus tetap semangat meski ngalamin hal yang bikin galau, ya karena hal-hal tersebut adalah sebuah tantangan yang tentunya akan terasa begitu indah jika kita berhasil nyelesain dan melewatinya. Yang suka main game atau beta sebut aja “GAMER” pasti setuju sama beta. Jika kita berhasil ngelewatin tantangan yang ada dalam game, beta dan para GAMER satu suara dalam menanggapinya, yaitu LUAR BIASA senang. Bagus, beta suka tipikal para gamer, gak pernah nyerah selesain tantangan dan mencari berbagai cara buat melewatinya.

Kalau LO (beta pake LO biar yang baca ngerasa beta tantang, haha) langsung nyerah dan kebanyakan ngeluh pas nemuin satu masalah dan hal-hal yang bikin galau lainnya, LO payah, bener-bener PAYAH, P-A-Y-A-H. Kita sudah diberikan kelebihan dibanding makhluk lain berupa akal dan juga tuntunan agama.

Saat ini, dengan jujur beta ngaku, beta sendiri memang masih suka ngeluh dan galau tingkat 10 skala rihter (entah bener apa gak skala yang beta pake) klo menghadapi hal yang gak nyenengin, makanya beta nulis postingan ini, biar kita (beta dan yang baca) bisa sedikit sharing soal caranya menghadapi masalah, siapa tahu bisa jadi insiprasi bagi para galawers se-Indonesia.

Beta mulai memiliki sedikit pemikiran, kenapa gak kita tanamin dalam hati (gak perlu disiram pake aer ato dikasih pupuk segala, cuma sekedar majas) sebuah pemikiran positif seperti ini, “HIDUP DAN SETIAP HAL YANG ADA DI DALAMNYA ADALAH PEMBERIAN DARI ALLAH, MAKA KITA MESTI SEMANGAT, KARENA YANG MEMBERI SEMUANYA ADALAH ALLAH SWT.” Setiap hal yang diberikan pada kita memiliki maksud dan maknanya sendiri, tugas kita adalah dengan semangat menghadapi dan melewatinya, karena di dalam setiap masalah terkandung ilmu dan hal-hal positif lainnya.

Beta kasih sedikit contoh, bagi yang bekerja, tiba-tiba mendapat banyak tugas setiap harinya, terus-terusan numpuk tuh kerjaan. Ngapain kita cuma ngeluh pas menghadapi, tugasnya malah tambah gak selesai-selesai, dan meskipun selesai kurang bagus hasilnya. Kenapa gak mikir gini, “Wah, beta dikasih tugas seperti ini, berarti beta dipercaya memiliki kemampuan buat nyelesainnya.” Atau juga mikir kayak gini, “Wah, beta belum pernah ngerjain yang macam gini, tapi coba dulu ah, lumayan nambah-nambah pengalaman. Coba kalian bandingkan sendiri hasilnya, jauh lebih bagus daripada cuma ngeluh dan ngerjain setengah hati kan??Makanya kita harus tetap semangat, setiap masalah yang dihadapkan Allah pada kita pasti memiliki reward di ujungnya. Allah memberikan kita masalah sebelum nantinya memberikan kita hadiah yang tak terkira besarnya.

So, pembaca sekalian yang sudah dengan ikhlas membaca postingan beta, dan beta sendiri, mari sama-sama SEMANGAT yok!!! Dengan terus bersemangat, kita jadi lebih menghargai hidup kita sendiri. Yah kurangin sedikit demi sedikit ngeluhnya, lebih baik pake tenaganya buat nyelesain masalah dengan semangat, dari pada dibuang buat galau dan nangis-nangis ria.

Tinggalkan Balasan