Hah, Virus Zika

betasmind_betarticle_hah, virus zika

Hoam…

Januari, musim hujan, tiap hari hujan-hujanan, basah, kodok-kodok pada mulai ijab qabul. *Eh, ini apaan?

Musim hujan juga identik sama nyamuk yang mulai sering melancarkan aksi. Modusnya sama, nyebarin demam berdarah. Udah banyak korban tumbang. Tapi hingga sekarang belum ada yang berhasil menumbangkan hati beta. *eh, apaan lagi.

Browsing-browsing sambil senam mata pagi-pagi, eh gak sengaja baca soal Virus Zika yang kayaknya lagi ngetrend beberapa hari ke belakang. Virus yang kayaknya mirip-mirip kayak demam berdarah. Parahnya, katanya nih bisa mengakibatkan cacat pada kandungan. *Liat perut sendiri.

Virus Zika itu apaan sih? Jika teringat, tentang dikau…. *heleh, cukup.

Virus Zika itu adalah penyakit yang memiliki gejala mirip kayak demam berdarah. Gimana gak mirip, pelaku yang membawa penyakit ini sama, si nyamuk Aedes Aegypti. Duh haduh, ini anak doyan banget bikin orang susah. Apa kata bapak sama ibumu, nak. Perasaan ortunya juga sama-sama suka nyebar penyakit, hhi.

Pertama kali ditemukan di Hutan Zika, Uganda. Entah kenapa berhasil ikut penerbangan ke Amerika Latin, terus berkembang pesat di sana. Seorang peneliti dari Australia melaporkan telah menemukan seseorang yang terinfeksi setelah melakukan perjalanan ke Indonesia. Bahkan tahun 2015 kemaren katanya berhasil diisolasi di Indonesia. Widih, tambah ngeri dengernya.

Gejala terinfeksi Virus Zika gak jauh beda sama demam berdarah. Badan lemas, demam, nyeri badan, badan kemerahan dll. Gejala yang sedikit mencolok terlihat pada mata pengidap yang memerah. Ilustrasinya macam gini.

Bukan gejala virus zika sih, cuma kemasukan batu bata

Ini gejala yang bener via dominicanewsonline.com

Kok katanya membahayakan bagi ibu hamil?

Infeksi Virus Zika dihubung-hubungkan dengan kasus cacat pada kepala bayi atau yang disebutkan dengan mikrosefali. Hal ini terjadi jika Virus Zika menginfeksi ibu-ibu yang sedang mengandung. Makanya seminggu yang lalu, pemerintah Amerika mengeluarkan travel warning buat para ibu hamil agar jangan bepergian ke daerah yang terjangkit virus ini. *Liat perut sendiri.

Bukan, ini juga bukan akibat virus zika

Ini yang bener via bbc.com

Gak mau kan ya keinfeksi virus ini. Makanya, jaga kebersihan tempat-tempat penampungan air. Jangan biarkan nyamuk-nyamuk nakal berkembang biak dan seenaknya. Nyemprotin obat nyamuk kalau perlu. Yuk perang melawan nyamuk. *Pasang ikat kepala.

Tinggalkan Balasan