GTA V : Welcome to Los Santos

Hupllaaa… (masih ingat kata ini? Yap, nih kata berasal dari spongebob)

Kali ini beta pengen nyoba-nyoba review masalah game nih. Sebenarnya beta bisa dibilang setengah gamer. Loh, kok setengah gamer? Ya setengah gamer, karena beta belum masuk ke stadium “freak” yang bisa main game berhari-hari tanpa keluar rumah, lupa makan terus mati. Bukan, beta masih setengah gamer, masih nubie kata orang-orang sih…

Game apa yang pengen beta review untuk pertama kali ini? GTA V broh…. GTA V, lagi masih hangat-hangatnya nih berita soal game GTA V, khususnya yang versi PC. Beta gak mau ketinggalan buat nyicipin nih game. Udah lumutan nunggu rilis versi PC-nya yang terus-terusan ditunda. Maklumlah, beta spesialis nyicipin game-game di PC, bukan konsol. Alasannya? PC paling flexible kalo soal performanya. Lagian dua tahun belakangan PC jadi salah satu platform favorit developer game.

Nah… sebelum beta masuk ke reviewnya, beta kasih tau dulu nih konfigurasi komputer yang beta pake. Biar bisa jadi perbandingan buat kalian yang baca. Soalnya beda konfigurasi kan beda juga performanya.

Ini nih konfigurasi yang beta pake :

Processor : AMD FX-8320 (3.5/4.0 GHz)

Motherboard : ASUS M5A97 R2.0

Graphic Card : ASUS HD 7870 2G DirectCU II

Memory : Corsair Vengeance 2 x 4GB kit (1600 MHz, 1.5V)

Storage : OCZ Vertex 4 SSD 128GB

Power Supply : Thermaltake Smart SE 730 W

CPU Headsink : Corsair H60 (2013 Ver.)

Gamepad : XBOX 360 Controller for PC

Display : LG LED Monitor 20M35A (1600×900)

Input : E-BLUE POLYGON EKM075BK Keyboard, A4Tech Bloody Gun3 V7 Mouse

 

Ok. Mulai reviewnya.. cus…. Cus… cus… *ngomong apa -___-

Untuk mendapatkan FPS (Frame per Second) yang playable (di atas 30 FPS), beta menggunakan settingan berikut :

Bagi yang udah sering mainin game GTA pasti udah tau gimana plot nih game. Yup, seputar geng, atau minimal “penjahat” dalam kehidupan kerasnya yang dibungkus dalam bentuk game open world. Di GTA V ini malah “dunia”-nya udah kelewatan luas jika dibandingkan dengan seri-seri terdahulu. Mungkin bisa dibilang beberapakalinya luas map GTA paling legendaris bagi anak-anak dilingkungan beta, GTA San Andreas. Nah loh, puas-puasin aja tuh keliling-keliling kota sampai jempol tambah lebar.

Pas pertama kali mulai, kita langsung dihadapkan sama scene (sekalian misi) perampokan bank yang melibatkan 2 dari 3 tokoh utamanya. Gila aja, baru main juga, udah disuruh tembak-tembakan sama polisi. Awal-awal aja udah tegang. Dari pada tembak-tembakan sama polisi, mending beta nembak kamuuu… *NB : ini bukan beta yang nulis. Mungkin.

Oya, untuk GTA V ada terdapat perbedaan yang mencolok dibanding seri-seri sebelumnya. Di seri ini, terdapat 3 karakter utama yang bisa dimainkan. Michael, perampok bank yang udah pension terus lagi menikmati hasil rampokannya. Trevor, rekan Michael dalam merampok, katanya sih mantan pilot militer. Terus yang terakhir, Franklin, pemuda yang bekerja di showroom mobil mewah dan juga terlibat sama gangster. Ini karakter semuanya suram amat ya -___-.

Apa beta terpesona sama GTA seri ini? Jawabannya, bener banget. Bisa dikatakan seri ini merupakan seri terbaik untuk saat ini.

Ya iyalah, namanya juga seri paling baru. Bisa jadi sih, hihihi.

Kalau dikesampingkan soal masalah “seri terbaru” dari penilaiannya. GTA V memang sukses menciptakan sebuah sensasi tersendiri buat yang memainkannya. Liat aja bagaimana developer menciptakan kota Los Santos yang bikin beta iri, kapaaaaan… Banjarmasin kayak gini. *Mulai ngayal. Mobil-mobil yang udah kekinian meski namanya diubah. Biasa, masalah lisensi mungkin.

Tapi…. ada dua hal yang paling bikin beta tertarik. Pertama, keberanian Rockstar untuk menciptakan 3 karakter playable sekaligus. Kita dapat dengan mudah berganti karakter dengan memencet tombol tertentu. Tiap karakter memiliki plot dan kisahnya tersendiri. Sehingga dijamin, gak akan ada kata bosan saat memainkannya. Kedua, mode First Person yang membuat beta serasa memainkan game FPS (First Person Shooter) semisal, Battlefield atau Call of Duty.

Dan dari beberapa jam yang beta habiskan saat memainkan GTA V, berikut beberapa skrinsyut (Screen Shoot) yang berhasil beta ambil. Meski kepikiran buat ngambil skrinsutnya pas udah lebih dari 3 jam main. -___-

Gimana, tertarik memainkan?? Gamenya udah banyak beredar kok, mau yang bentuk fisik atau download melalui steam. Happy gaming buat yang memainkan….

10 Comments

  1. Njir kerennyaaaa!! Sayang laptop ane ga mumpuni mainin game beginian. Kalopun dipaksa paling pas loading udah blue screen bwahahahaha
    Btw, berapa tuh modalnya ngerakit PC sama jeroan begitu? Curiga harganya udah kaya sepeda motor nih :))

  2. Njir kerennyaaaa!! Sayang laptop ane ga mumpuni mainin game beginian. Kalopun dipaksa paling pas loading udah blue screen bwahahahaha
    Btw, berapa tuh modalnya ngerakit PC sama jeroan begitu? Curiga harganya udah kaya sepeda motor nih :))

Tinggalkan Balasan