DnR 1 : Ujian Bro!

Yo! Gue beta, cukup panggil beta, ingat! Panggil gue B-E-T-A. Ini adalah cerita gue, gabungan kehidupan nyata dan khayalan gue yang gabung jadi satu. Entah yang mana yang gue alamin beneran atau yang cuma khayalan liar gue, just read it.

Cerita kali ini soal pertempuran gue melawan betapa berbahaya soal ujian bagi masa depan gue dan teman-teman gue. Saking takut dan tegangnya gue sama ujian kali ini, gue mutusin bikin rapat kecil-kecilan sama beberapa teman senasib banyak tanggungan. Rapat mengenai strategi dan teknik rahasia buat gue biar selamat dalam ujian. Arrrggghhhh, gue benci yang namanya ujian.

Rapat dilaksanakan di rumah salah satu teman gue. Rumahnya berapa tepat di bagian paling ujung komplek. Rumah berukuran sedang beratap biru. Di depan rumahnya tumbuh dua pohon mangga. Mungkin gue lagi hoki waktu itu, tuh pohon mangga lagi berbuah lebat. Kalau dilihat lihat sih udah hampir mateng. Sialan, tuh mangga bikin gue ngiler.

“Hmmm, entar gue bikin rencana tambahan buat nemuin cara biar gue gak ketahuan ngambil tuh mangga.” Gue dah mikir yang enggak-enggak tepat sebelum rapat dimulai.

“Woy, ngapain lo di sana, masuk, yang lain sudah pada nungguin tuh,” panggil teman gue, membuyarkan semua rencana licik yang baru aja gue temuin.

Gue gak jawab tuh panggilan, gue langsung masuk aja ke dalam rumah. Begitu masuk ke dalam, gue dengan mudahnya menemukan muka-muka pemuda bermasa depan suram, gak jauh beda sama gue. Muka-muka pemuda tanggung yang duduk berjejer di samping meja buat bikin rencana kotor biar selamat dalam ujian. Muka-muka ini yang mungkin bakal sering gue temuin pas wawancara lowongan kerja, calon penggaguran tanpa batas waktu.

Gue milih duduk dipojokan, soalnya cemilannya numpuk di sono. Di samping gue duduk si Luki (namanya emang Luki, bukan Lucky, jadi gue gak salah tulis). Pemuda kurus (gue gak tega nulis kerempeng) yang bercita-cita jadi model. Trus di sampingnya si Toni, anak yang rambutnya bikin gue ngiri, kapan gue punya rambut lurus kayak gitu. Di seberang gue duduk Firman, tuan rumah, orang yang rela membiarkan gue dan lain ngacak-ngacak rumah dan menghabiskan cemilan buat rapat gak jelas ini. Dan yang terakhir Arif, orang yang klo diliat darinya mukanya seperti orang pinter dan santun, padahal nih orang otaknya paling ngeres dibandingkan gue dan lain.

“Terimakasih buat teman-teman karena udah rela menyediakan waktunya buat hadir di rapatini. Dalam rapat ini, kita semua bakal mikirin gimana caranya kita ngebantu Beta melewati ujian kali ini?” ucap Toni membuka rapat. Gue pikir nih anak cocok jadi lurah pas lulus kuliah entar. Ngomongnya udah cocok.

“Kita jangan nyontek ya, kita belajar aja. Klo nyontek entar ketahuan pengawas, gak dapat nilai dah kita semua. Lebih baik, kita belajar aja,” saran Arif. Gue gak nyangka nih anak bakal ngasih saran yang lumayan waras.

“Waduh, klo cuma belajar sih ngapain pake rapat-rapat segala,” Luki protes keras.

“Ada yang punya ide brilian gak? Otak gue mampet nih,” kata gue nengahin. Jujur, gue dah mati langkah buat ujian kali ini.

“Bikin kertas contekan aja, gampang. Gak usah kebanyakan mikir.” Firman nyoba ngasih saran. Klo dari anda ngomongnya sih, nih anak gak rela klo kami lama-lama di rumahnya.

“Yah, terlalu biasa. Ujungnya entar ketahuan lagi kayak yang dulu dulu.” Luki lagi-lagi protes, nih anak berbakat jadi demonstran.

“Gini aja, gue setuju pake kertas contekan, tapi jangan dibikin di rumah. Di rumah, lo semua pada belajar aja.” Arif kembali bikin kontroversi.

Gue dan yang lain sepakat melototin Arif, gue gak habis pikir, kenapa nih anak tiba-tiba kecanduan belajar ya?

“Yang lain punya saran lain gak?” tanya gue sama yang lain.

Gak ada yang jawab, semua cuma geleng-geleng kayak kambing salah makan. Parah, gak ada yang bisa gue harapin dari neh orang-orang.

“Ya udah, kita ikutin aja rencana Arif. Rif, tolong lo jelasin lagi rencananya. Masa depan gue di tangan lo Rif.” Gue pasrah.

Arif ngejelasin dengan detil gimana caranya bantu gue di ujian entar. Gue sendiri, selaku client yang meminta bantuan melalui rapat ini sibuk melahap cemilan yang masih numpuk di meja. Jarang-jarang gue bisa makan cemilan sebebas ini.

Rapat penyelematan gue udah selesai. Gue sama yang lain pada pamit sama Firman. Entah, kenapa muka Firman rada meringis gitu, kayak orang habis kerampokan. Gue sendiri pulang dengan santai. Perut gue udah pebuh gara-gara ngebisin cemilan milik Firman. Oohhhh, mungkin masalah tuh cemilan yang bikin Firman kayak gitu, sorry Fir. Hahaha

***

Keesokan harinya gue berangkat ke kampus dengan wajah pas-pasan, ya iyalah pas-pasan, dari dulu emang kayak gini. Maksud gue, gue berangkat dengan muka pucat pasi. Gue jalan sambil gemetaran ke ruangan yang jadi tempat ujian. Gue berharap nilai gue di ujian kali ini gak jeblok-jeblok amat, cukup dapat “C” udah bikin gue bahagia. Dan WOW…. tempat duduk gue strategis banget, gue duduk tepat di depan pengawas. Kurang apa lagi coba? Bener-bener horor.

Ujian dimulai. Baru liat soal pertama gue udah nahan napas. “Heeeelllpppppp…..!!!” otak gue dah teriak-teriak minta tolong.

Gue ngelirik sebentar ke meja pengawas, mampus dah, tuh pengawas sangar banget. Kumisnya ngelingkar kayak kaki cumi-cumi gitu. tambah horor dan suasananya. “Hhhheellllppp” otak gue teriak lagi. Bentar lagi ngadat tuh… tuh tuh… ngadat kan.

Gue ngelirik lagi tempat duduk teman-teman gue, waduh… pada jauh semua. Kondisi gue makin kritis. Bentar lagi gue bakal kejang-kejang akibat otak yang ngadat. Gue keringatan, sumpah, seumur hidup gue gak mau lagi ngerasain yang kayak gini. Gue kasian sama otak gue yang udah gak berdaya.

Lima belas menit berlalu. Arif tiba-tiba berdiri dan berjalan menuju meja pengawas.

“Permisi, Pak. Saya mau kebelakang,” kata Arif minta izin sama pengawas.

Otak gue jalan lagi. Harapan hidup gue udah muncul, Arif udah memulai rencananya. Tuh anak sama yang lain bakalan nulis jawabannya di kertas entar pas masuk toilet. Sesuai rencana kemaren, mereka bakalan naruh jawaban masing-masing di tempat yang udah di tentuin, biar gak ketahuan sama orang.

Tuh pengawas melototin Arif, kumisnya gerak-gerak persis kayak cumi-cumi lagi renang. “Jangan lama!” kata tuh pengawas singkat.

Arif berlalu keluar menuju toilet. Tingkat kegugupan gue perlahan berkurang. Harapan gue buat ngeraih ‘C” kayaknya bakalan terkabul.

Gak beberapa lama, Arif kembali masuk ruangan. Mungkin dia udah naruh jawaban di tempatnya. Secara bergantian Luki, Firman dan Toni ikutan izin ke toilet. Tuh pengawas sama sekali gak curiga, luar biasa.

Setelah Toni kembali ke ruangan, gue gak buang-buang waktu. Gue langsung berdiri buat minta izin ke belakang. Sebelum gue minta izin sama pengawas, tuh pengawas ngomong duluan.

“Mau kemana? Ke kebelakang? Udah sana, jangan lama-lama. Sekarang musim sedang musim hujan ya, gantian izin ke toilet,” kata tuh pengawas dengan mimik muka datar, beda-beda tipis sama Frankenstein.

“Lagi jadi trending, pak,” jawab gue sambil ngacir keluar.

Begitu samapi di toilet. Gue langsung meraba-raba ventilasi di atas pintu. Berharap nemuin kertas jawaban yang disimpan Arif.

“Yap, dapat.” Gue langsung ngebuka kertas yang dibikin Arif jadi bola pimpong. “Apaan neh?” teriak gue pas liat apa yang tertulis di atas tuh kertas.

Gue langsung nyari kertas lain yang tersimpan di berbagai tempat di dalam tuh toilet. Pas udah gue temuin semua, gue cek satu-satu tuh kertas. Gue buka kertas punya Firman, gua bengong.

Trus gue buka kertas punya Luki, gue nangis darah.

Trakhir gue buka kertas punya toni, harapan terakhir, gue pingsan. Sejarah, gue pingsan di dalam toilet.

Sumpah, saat itu udah niat guling-guling di tengah jalan. ato nari tarian kejang ala Patrick Star di depan pengawas. Gue kehabisan akal. Gue gak tau lagi harus ngisi apa dilembar jawaban. Akhirnya, gue putusin buat kembali ke ruangan, nunggu bel tanda waktu habis berbunyi, dan nyerahin lembar jawaban kosong sama pengawas.

Pesan moral:

Jangan pernah mencoba berbuat curang saat ujian, karena bakal fatal akibatnya. Terlebih, kalau kita minta bantuan sama orang yang salah.

2 Comments

  1. Pantes dah ente tambah gembrot,, kan katanya nafsu makan ente nambah klo pas lg memasuki musim stres.. makany tuh cemilan dirumah teman dilahap habis.. haha

Tinggalkan Balasan