Aplikasi MyJNE: Kirim jualan lebih aman

betasmind_tips_myJNE-kirim jualan lebih aman

Sekarang, jualan gak mesti harus punya toko. Gak ada lagi istilah ketiduran saat menjaga barang dagangan. Semua sudah serba digital, serba online. Mau jual barang, tinggal upload ke berbagai aplikasi sosial media, tunggu pembeli, kirim. Bahasa kerennya, semua dalam genggaman.

Masih ragu untuk jualan online?

Beta punya cerita, cerita soal teman beta, bukan cerita soal beta. Beta punya teman, sebut saja nama Gebe. Si gebe ini sesama koleksi model kit gundam seperti beta. Bosan cuma jadi kolektor, Gebe ikut terjun jadi penjual, buka toko action figure dan model kit.

Awalnya tokonya rame, banyak sesama kolektor satu kota yang singgah dan tentunya beli. Gebe mulai terhanyut dalam euforia sukses usahanya. Tapi, setelah beberapa bulan Gebe pernah mengeluh, “kok jualan figure-nya mulai sepi, ya?”. Setelah diteliti, kelemahan usaha Gebe terletak pada lokasi dan luas target penjualannya. Gebe hanya terpaku sebagai penjual lokal.

Sebagai bentuk usaha memperbaiki penjualan, Gebe mulai menjajakan usahanya secara online. Upload gambar-gambar di semua media sosial. Sampai pernah dianggap spammer oleh beberapa orang, strategi Gebe tetap jalan. Meski pada awalnya gak terlalu berpengaruh, lama kelamaan penjualan secara online justru lebih besar dibandingkan penjualan secara offline (toko). Gebe mulai memperbesar usahanya dengan merekrut dua orang teman yang bekerja mempromosikan dagangannya secara online.

Beta penasaran dengan cara seperti apa Gebe mampu meyakinkan para pembelinya. Secara singkat, Gebe menekankan 2 hal, pelayanan dan pengiriman. Jangan pernah bosan menjawab setiap pertanyaan calon pembeli dan setiap pesanan harus sampai tepat waktu. Karena pada dasarnya, pembeli merasa aman berbelanja saat barang pesanan sampai tepat waktu.

Tapi terkadang, pembeli was-was apa barangnya sudah dikirim atau belum. Gebe punya solusinya.

  1. Saat memilih jasa pengiriman barang, pilih yang memiliki cabang di setiap kota
  2. Pilih jasa pengiriman yang memberikan layanan jemput untuk setiap barang kiriman kita
  3. Pilih jasa pengiriman yang memberikan kemudahan pengecekan setiap kirimannya.

Dari ketiga solusi tersebut, Gebe menyarankan untuk memilih JNE sebagai jasa pengiriman barang dagangan. Selain memenuhi ketiga kriteria barusan, JNE juga memberikan layanan baru yang lebih mempermudah dalam mengecek pengiriman barang kita, aplikasi MyJNE.

Yuk, kenalan dulu sama aplikasi MyJNE.

Screenshot_2016-06-01-09-43-20

Apaan sih, MyJNE?

MyJNE adalah aplikasi khusus untuk pengguna setia JNE yang dibuat agar para pengguna lebih nyaman dalam mencari gerai, mengecek harga kirim dan juga mengecek status pengiriman barang.

jne fitur

Apa aja sih fitur utama MyJNE?

Seperti fungsi awal yang disebutkan sebelumnya tadi, fitur utama MyJNE adalah MyShipment, MyTariff, MyLocation dan MyCOD.

Screenshot_2016-06-01-09-45-20

Fitur pertama, MyShipment: biar pembeli atau kita sendiri gak parnoan mikir dimana keberadaan barang kiriman. Tinggal buka hape, buka MyJNE, masukin nomor Air waybill-nya. Ting-nong, keberadaan barangnya sudah diketahui, gak bakalan nyasar di rumah tetangga, apalagi rumah pak erte.

mytariff

Fitur kedua, MyTariff: buat yang suka mikir, “aduh berapa ya entar biaya kirimnya?” atau “kayaknya mahal, nih.” Sudah, hus.. hus.. tinggal isi tempat asal sama tujuannya, harga dengan berbagai jenis kategori pengiriman sudah muncul di layar hape.

Screenshot_2016-06-01-09-46-22

Fitur ketiga, MyLocation: gerai JNE sih sebenarnya banyak bertebaran di sana-sini. Tapi, kalo masih belum nemu juga, tinggal cari melalui MyJNE. Buka tab JNE nearby, pencet ikon navigasi yang ada di kanan atas, muncul aja tuh kepala pak kurir JNE di sana-sini.

Screenshot_2016-06-01-15-29-39

Fitur terakhir, MyCOD: bukan, ini bukan soal belanja di forum sebelah, salah kamar gan. MyCOD adalah semacam sistem perbelanjaan berbasis online dengan menggunakan pembayaran menggunakan saldo dari MyCOD Wallet. Jadi pembayaran tidak perlu melalui transfer bank, melainkan melalui saldo akun virtual yang isinya bisa ditop-up sesuka hati.

Tuh, pantes aja si Gebe makin sukses jualan onlinennya. Setiap barang kirimannya dapat dengan mudah dicek. Pembeli merasa aman, jualan makin kencang. Jadi niat buka toko action figure sama model kit juga dah.

Masih ragu jualan online?

Gak!

2 Comments

Tinggalkan Balasan